Minggu, 19 Desember 2010

OSSPEN 2010

Sebagai organisasi wadah mahasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama RI di ITS, Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs ITS (CSS MoRA ITS) merupakan organisasi atas nama santri yang terbentuk dengan tujuan mengimplementasikan pengabdian kepada masyarakat, dibangun dan dirancang sedemikian rupa sehingga benar-benar bisa memberi manfaat secara maksimal. CSS MoRA ITS bukan sekedar perkumpulan atau komunitas, tapi amanah yang diemban bagi para santri terpilih. Sebagai investasi negara, santri CSS MoRA ITS dicetak untuk dikembalikan pada negara, lebih dikhususkan kepada pondok pesantren di seluruh penjuru nusantara. 
Kegiatan Olimpiade Sains dan Seni Pondok Pesantren (OSSPEN) 2011 ini diharapkan bisa menjadi pemicu bagi para santri untuk semakin memacu semangat dalam bidang akademik umum dan seni sehingga mampu berkompetisi dengan para lulusan-lulusan sekolah umum yang selama ini banyak mendominasi di beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
Di sisi lain, seni keagamaan seperti qiro’ah juga tartil diidentikkan dengan budaya pesantren saja. Padahal kenyataannya, masyarakat/ pelajar non-santri juga tidak sedikit yang mempunyai minat dan bakat tersebut. Dan bahkan mereka siap apabila dipertemukan dengan santri dalam suatu kompetisi.
Berawal dari kegiatan ini diharapkan bisa semakin menumbuhkan minat para santri pesantren untuk lebih tekun mendalami seni serta mengkaji hal-hal yang berbau sains dan teknologi yang selama ini cukup sedikit diajarkan di pesantren.
Ada 3 rangkaian acara terpisah yang diselenggarakan dalam Olimpiade Sains dan Seni Pesantren tahun ini :
1.  Olimpiade Sains
2. Musabaqah Fununil Islam (MFI)
3. Gelar Karya Mahasiswa (GKM)
repost from http://osspen.blogspot.com

2 komentar: